12 Desember 2012

TEKNIK INFORMATIKA UII

Teknik Informatika UII berdiri dan pertama kali menerima mahasiswa pada tahun ajaran 1994/1995. Pada saat itu mahasiswa angkatan pertama berjumlah 64 orang. Karena keterbatasan tenaga edukatif, maka pada tahun-tahun pertama Teknik Informatika juga dibantu oleh beberapa dosen UGM dalam pengelolaan Program Studi Teknik Informatika untuk menjaga proses pembelajaran tetap baik karena pada saat itu hanya terdapat dua dosen tetap di Informatika yakni Yudi Prayudi dan Sri Kusumadewi. Teknik Informatika merupakan program studi ketiga yang didirikan di dalam lingkungan Fakultas Teknologi Industri setelah Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Industri.

Visi Teknik Informatika UII
  1. Menjadi penyelenggara pendidikan terkemuka di Indonesia penghasil profesional teknologi informasi yang berjiwa enterpreneur dan menjunjung tinggi etika pada tahun 2015.”
Misi Teknik Informatika UII
Berdasar Berdasar visi tersebut maka yang akan dilakukan oleh program studi Teknik Informatika untuk mewujudkan visi tersebut adalah tertuang dalam Misi sebagai berikut, yaitu:
  1. Mewujudkan institusi yang menjadi bagian dari dakwah islamiyah sesuai dengan tuntunan Al Quran dan Al Hadits di bidang teknologi informasi dan tempat dihasilkannya insan ulil albab yang beriman dan bertaqwa dan mampu menunjukkanjati diri sebagai khairo ummah.
  2. Menjalankan proses-proses penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan prinsip quality, accountability, autonomy dan equity, sehingga menjadi sebuah institusi pendidikan yang sehat dan memiliki nilai kompetitif bagi bangsa.
  3. Memberikan dukungan resource bagi staff untuk mengembangkan diri agar menjadi  ilmuwan dan peneliti yang kreatif dan inovatif serta  pendidik yang handal.
  4. Memelihara komunikasi dengan alumni guna memberikan terselenggaranya proses belajar sepanjang hayat serta manfaat dari pengalaman, skill, dan pengetahuan yang dimilikinya.

Tujuan
Untuk mengukur kesesuaian antara Visi dan Misi terdapat sejumlah kriteria yang kemudian dijadikan sebagai tujuan dari pendidikan Teknik Informatika UII, yaitu: 
  1. Menyiapkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku (attitude and character) yang baik, serta berberjiwa mandiri dengan kapasitas intelektual dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan jaman serta mampu menghadapi tantangan masa depan dengan komitmen pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  2. Mendidik mahasiswa agar menjadi sumberdaya manusia yang handal di bidang ICT dengan kemampuan akademik yang kompetitif dan memiliki kesiapan dalam hal:
  • kesadaran individu untuk mewujudkan nilai-nilai islam yang berorientasi pada penegakkan dan pengamalan Al Quran dan As Sunnah secara kaffah
  • bekerja secara profesional dalam bidang yang terkait dengan ICT,
  • melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi
  • berperan aktif dalam masyarakat modern sesuai dengan kapasitas ilmu yang dimilikinya.
  • mengimplementasikan ilmu yang dimilikinya sehingga dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat dan kesejahteraan umat manusia.
  • sikap dan perilaku yang berorientasi pada kecakapan interpersonal, wawasan global, komunikasi efektif, berjiwa mandiri, kreatif, inovatif serta wirausaha.
  1. Menyelenggarakan aktifitas proses belajar mengajar dengan infrastruktur dan lingkungan yang kondusif untuk tercapainya kompetensi yang diharapkan.
  2. Meningkatkan kapasitas staff yang mampu menguasai, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi secara kreatif dan inovatif yang diwujudkan antara lain dengan meningkatnya performance pengajaran, penelitian dan pelayanan pada masyarakat.
  3. Membangun jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak (termasuk alumni) yang mendukung pengembangan dan aplikasi ilmu komputer yang diwujudkan dalam bentuk terealisasinya konsep inkubator sebagai implementasi dari Knowledge Based Economy dan  Technopreneurship.
Menyediakan layanan perpustakaan dan laboratorium sebagai center of excellent dan centre of technology dengan infrastruktur jaringan komputer yang handal yang akan menjadi salah satu sarana penting bagi tercapainya  Visi dan Misi Teknik Informatika UII.
Laboratorium

Untuk menunjang proses pembelajaran dalam tataran praktis, Jurusan Teknik Informatika UII memiliki lima buah laboratorium yang terletak di gedung FTI utara lantai 3 dan 4 dengan masing-masig laboratorium memiliki kapasitas beragam, mulai dari 20 hingga 48 komputer. Selain digunakan untuk praktikum terstruktur (matakuliah berbobot 1 SKS), laboratorium juga dimanfaatkan sebagai tempat akses internet gratis,  pelaksanaan praktikum mandiri, serta kegiatan semisal workshop dan riset mahasiswa.
Laboratorium - laboratorium tersebut adalah :: 

          Lab SISJARKOM 
  • berkaitan dengan minat studi sistem dan jaringan komputer.
  • Bidang ilmu yang dikembangkan antara lain jaringan komputer, sistem operasi, pengamanan komputer, organisasi & arsitektur komputer.
  • Informasi tentang lab Sisjarkom bisa diakses di http://sisjarkom.informatics.uii.ac.id.

    Lab GMM
  • Berkaitan dengan minat studi Grafika & Multimedia.
  • Bidang ilmu yang dikembangkan antara lain: grafika komputer, interaksi manusia & komputer, komputasi visual, dan pengolahan citra.
  • Informasi tentang lab GMM bisa diakses di http://gmm.informatics.uii.ac.id
     
         Lab KSC
  • Berkaitan dengan minat studi Komputasi & Sistem Cerdas.
  • Bidang ilmu yang dikembangkan antara lain: komputasi numeris, artificial intelligence, dan soft computing.
  • Informasi tentang lab KSC bisa diakses di http://ksc.informatics.uii.ac.id
     
         Lab PIT
  • Bidang ilmu yang dipelajari adalah pemrosesan, seperti: algoritma, pemrogram-an, dan logika.
  • Informasi tentang lab PIT bisa diakses pada http://pit.informatics.uii.ac.id
     
    • Lab SIRKEL
    • Berkaitan dengan minat studi Sistem Informasi & Rekayasa Perangkat Lunak.
    • Bidang ilmu yang dikembangkan antara lain: basisdata, sistem informasi, software engineering, pemrograman & rekayasa web.
    • Laboratorium ini dilengkapi dengan lisensi software Oracle Database 10g.
    • Informasi tentang lab Sirkel bisa diakses di http://sirkel.informatics.uii.ac.id  


Sumber : 
http://informatics.uii.ac.id/new/id/tentang-kami/visi-misi.html

0 komentar:

Popular Posts

About

Foto Saya
Afif Rahma
yogyakarta, jogja, Indonesia
Lihat profil lengkapku

Followers